Pak Kasur dan PaK Daljono di Hati Balqis Hawa An Ibni

Nilai-nilai kebaikan dan semangat kerja keras diberikan melalui lagu kepada anak-anak. Hal ini akan lebih mudah dimengerti di usia mereka…

Melatih motorik anak salah satunya dengan menulis tangan. Tantangan jaman sekarang adakalanya orangtua merasa anak dengan menonton semisal  Youtobe tidak mempengaruhi perkembangan. Padahal, masa perkembangan anak TK dan SD waktunya mereka mengembangkan motorik halus dan motorik kasar. Seringkali kita jumpai batita sekarang terlambat bicara karena terlalu diam menonton daripada dilatih dengan gerak dan bicara.

Lagu Pak Kasur dan Pak Dal

Seperti gambar di bawah ini tulisan tangan dari Balqis Hawa An Ibni, siswi SD Islam Nabawi, Kedungadem, Bojonegoro. Siswi kelahiran Bojonegoro 7 tahun silam ini menulis lagu dari Pak Kasur dan Pak Daljono tersebut tentu tidak asing di kita semua yang selama masa Taman Kanak-Kanak sering kita nyanyikan. Selain itu olah raga karate dan hobi menari juga bagian dari kegiatan Balqis.

Mari menyanyi yuk semua....

tulisan tangan Balqis Hawa An Ibni foto: Susilowati

Menulis Lagu Anak


Usia 7-8 tahun anak anak stimulus motoriknya dapat dengan memberikan olah raga sepeda, menari, memakai sepatu dan baju sendiri, memegang dan menulis mulai terasah rapi.
Nilai-nilai kebaikan, semangat kepada anak-anak dapat diberikan melalui lagu. hal ini akan lebih mudah dimengerti di usia. Seperti lagu bunda piara diciptakan Pak Daljono tentang kasih sayang dan lagu Pak Kasur Ayo makan bersama yang bercerita tentang kebersamaan dan kesehatan makan.

Ayo Makan, ciptaan Pak Kasur.

sebelum kita makan dik cuci tanganmu dulu

menjaga kebersihan dik untuk kesehatanmu

banyak banyak makan

jangan ada sisa

ayo makan bersama

Lagu ciptaan pak Kasur ini sarat dengan dorongan kebaikan untuk anak-anak dan orang dewasa. meskipun pak Kasur telah wafat pada 26 Juni 1992 lagu-lagu beliau masih menjadi bagian anak-anak Indonesia.

Oleh: Luqi dan Balqis  An Hawa Ibni, Siswa SD Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro