Markisa si Antioksidan: Menjalar seperti Semak Belukar tetapi Kaya Manfaat

Antioksidan sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas, semisal sel kanker. Antioksidan markisa yaitu karotenoid, polifenol dan vitamin C…

Passiflora edulis Sims atau yang biasa kita sebut dengan buah markisa merupakan tanaman yang berasal dari Berazil. Tanaman ini hidup di daerah tropis dan sub tropis, tumbuh menjalar seperti semak belukar, mempunyai batang tanaman berkayu tipis, mempunyai banyak cabang dan berdaun rimbun.

Di Indonesia ada dua jenis markisa yang paling sering  kita jumpai, yaitu Markisa Ungu (Passiflora edulis var. Edulis) dan Markisa Kuning (Passiflora edulis var Flavicarpa). Saat ini pohon buah markisa banyak ditanam oleh masyarakat karena mempunyai banyak manfaat.

Buah markisa ternyata merupakan sumber nutrisi yang baik, juga dapat dijadikan berbagai produk olahan. Dari 100 gram bagian buah yang dapat dimakan mengandung 69- 80 g air, 2,3 g protein, 2,0 g lemak ( hampir semuanya berada dalam biji ), 16 g karbohidrat, 3,5 g serat, 10 mg Ca, 1,0 mg Fe, 20 SI vitamin A, sedikit sekali tiamin, 0,1 mg riboflavin, 1,5 mg niasin, dan 20- 80 mg vitamin C. Nilai energi sebanyak 385 kj/100 g (Verheij dan Coronel, 1997; Karsinah et al. 2007).

Markisa mudah ditanam di pekarangan. Foto: Alvanila

Markisa si Antioksidan

Kandungan serat yang tinggi, bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Daging buah berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah ini kaya akan antioksidan alami. Antioksidan berperan sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas termasuk sel kanker, antioksidan yang ditemukan dalam buah markisa adalah karotenoid, polifenol dan vitamin C (Rudnicki et al. 2007).

Antioksidan merupakan suatu substansi yang dalam konsentrasi kecil mampu menghambat atau mencegah oksidasi pada substrat. Beberapa tahun terakhir ini banyak pengembangan terhadap antioksidan alami yang bertujuan untuk pengobatan preventif sebagai alternatif yang aman digunakan serta tidak menimbulkan efek samping (Gulcin et al. 2004).

Antioksidan adalah senyawa yang mempunyai struktur molekul yang dapat memberikan elektronnya kepada molekul radikal bebas dan dapat memutus reaksi berantai dari radikal bebas (Kumalaningsih, 2006). Radikal bebas merupakan senyawa kimia yang mempunyai satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan, senyawa ini tidak stabil dan sangat reaktif. Kiat yang digunakan untuk mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh, dengan mengkonsumsi makanan alami dan mengandung antioksidan, agar tubuh terhindar dari terbentuknya radikal bebas (Hernani, 2005)

Radikal bebas ditangkal dengan Markisa

Dalam 1 buah markisa, terkandung sekitar 80 – 100 kalori. Buah markisa mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, serat, zat besi, dan kalium. Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa nutrisi lain dalam jumlah kecil, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. Kandungan inilah yang membuat buah markisa menjadi buah yang menyehatkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan:

1. Menangkal radikal bebas

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

3. Menyehatkan pencernaan

4. Bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi

5. Sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, dan masih banyak lagi.

Kebun Cantik nan Teduh Berhias Markisa


Kebun Markisa. Foto: Dinas Pertanian Surabaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan, pohon buah markisa ini juga bermanfaat untuk kenyamanan dan keindahan lingkungan. Sampai saat ini banyak masyarakat yang menanam pohon buah ini sebagai peneduh, atau untuk menghiasi taman depan rumah. Pohonnya yang menjalar dapat diatur sedemeikian rupa dengan dibuatkan tiang rambatan sehingga dapat melindungi dari panasnya sinar matahari. Sering juga saya jumpai dijalanan gang – gang kecil ditanami pohon buah markisa yang disambungkan antara dua ruas jalan, sehingga selain mengambil manfaat dari buahnya juga menambah keindahan lingkungan yang rimbun dan asri.

Cara Mudah Bertanam Markisa

Cara menanam dan perawatan pohon ini pun cukup mudah, ada beberapa cara yang dapat kita kita lakukan :

1. Siapkan bibit buah markisa.

2. Siapkan media untuk merambat. Bisa menggunakan bamboo, tiang besi atau batang pohon yang lain.

3. Tanam bibit dalam tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.

4. Disiram secukupnya.

5. Untuk perawatannya juga cukup mudah, tinggal di potongi daunnya secara berkala agar tidak terlalu membenani media rambat, selain itu keindahannya pun akan terjaga. Bagi kamu yang mempunyai lahan kosong namun ingin mempunyai tumbuhan perindang dalam waktu yang relative singkat, tanaman Markisa solusinya. Karena tanaman ini akan rimbun dan berbuah hanya dalam waktu 5-9 bulan saja tergantung kesuburan tanaman. 

Markisa di pohon

Nilai Komersial (Ekonomi) Olahan Markisa

Saat ini banyak olahan dari buah markisa yang dapat kita nikmati. Misalnya sirup, selai, pudding, es buah, dan sebagainya. Apabila kita menanam pohon buah markisa, maka tidak hanya satu manfaat yang akan kita dapatkan. Pertama kita akan mendapat manfaat dari rimbunnya pohon markisa yang menambah keindahan taman, kedua setelah berbuah kita dapat menikmati buahnya secara langsung atau kita olah menjadi minuman segar, ketiga kita mendapat menfaat kesehatan karena telah mengkonsumsi buah markisa, dan yang keempat buah markisa ini dapat kita olah menjadi berbagai olahan makanan sehingga dapat menambah pemasukan ekonomi.

Penulis : Ilmi Khoirunnisa’