Memaknai Alam Melalui Bonsai

Dunia mengenal bonsai sebagai salah satu budaya berasal dari Jepang. Meski mulanya tanaman hias ini berasal dari Tiongkok..'penjing…

 

Dunia mengenal bonsai sebagai salah satu budaya berasal dari Jepang. Meski mulanya tanaman hias ini berasal dari Tiongkok..'penjing'
Menghiasi rumah dengan tanaman dapat menyegarkan pandangan dan juga mempunyai nilai artistik. Tanaman juga dapat memberikan kesan rumah lebih sejuk serta menambah pasokan oksigen. Selama masa pandemi Covid-19 ini hobi memelihara tanaman semakin banyak penggemarnya. Banyak orang yang dulunya tak melirik tanaman kini menjadikan tanaman hias sebagai pengisi waktu luang di rumah. Tanaman yang tengah populer saat ini adalah tanaman jenis keladi. Tapi tak dipungkiri tanaman-tanaman hias jenis lain masih banyak penggemarnya, salah satunya yaitu bonsai.

Bonsai dalam budaya Jepang

Bonsai yang dalam bahasa Jepang ditulis 盆栽 'bonsai' bila diartikan secara harfiah yaitu 盆 'bon' : wadah dan 栽 ‘sai’ :  menanam, atau menanam di dalam wadah. Namun bonsai diartikan sebagai tanaman yang dikerdilkan atau dibuat mini yang ditanam di pot.

Ficus microcarpa bonsai (Istimewa optimum.id)

Orang-orang di seluruh dunia mengenal bonsai sebagai salah satu budaya yang berasal dari Jepang. Meski awal mulanya tanaman hias ini berasal dari Tiongkok dengan sebutan 盆景 ‘bonkei' dalam bahasa Jepang atau 'penjing' dalam bahasa Tiongkok, yang artinya seni pertanaman mini dalam wadah.

Istilah bonsai lebih banyak digunakan karena bonkei di Jepang lebih mengacu pada penataan taman mini, meskipun di Tiongkok penjing adalah bahasa lain dari bonsai. Bonsai mulai berkembang pesat di Jepang sejak era Heian dan seiring waktu menjadi budaya masyarakat Jepang hingga menyebar ke seluruh dunia.

Bonsai adalah seni menanam pohon. Menanam pohon yang biasanya tumbuh hingga besar di tanah biasa, dengan bonsai pohon ‘dipaksa’ untuk tumbuh di wadah terbatas namun tetap menjadi pohon seperti biasanya. Ukuran tanaman menjadi lebih mini, sehingga terkesan unik dan menarik. Bonsai disebut juga sebagai tanaman 仕立て ‘shitate’ yaitu tanaman yang dibentuk atau disesuaikan, karena bonsai memang memaksa tanaman tumbuh seperti bentuk yang diinginkan. Selain itu bonsai merupakan tanaman yang pembentukannya membutuhkan waktu lebih lama dari tanaman biasanya, karena keindahannya baru terlihat setelah bentuk tanaman yang diinginkan jadi. 

Asam Jawa bonsai (Istimewa optimum.id)

Aturan Membuat Bonsai

Dalam membuat bonsai ada aturan-aturan yang harus dipenuhi agar tanaman layak disebut bonsai. Orang Jepang yang terkenal taat akan peraturan, memastikan bahwa membuat bonsai sesuai aturan yang seharusnya. Meskipun aturan-aturan itu sederhana, cukup memastikan bahwa tanaman itu bisa dikategorikan sebagai bonsai. Aturan-aturan sederhana itu misalnya ukuran tanaman yang lebih mini dari ukuran aslinya, keseimbangan bentuk tanaman, tanaman tetap subur dan baik meskipun dibonsai dan sebagainya.

Ada beberapa langkah-langkah dalam membuat bonsai antara lain metode pemotongan dahan, pemasangan kawat, pemupukan dan adaptasi tanaman.

Pemotongan dahan diperlukan agar dahan-dahan pohon tumbuh tidak berantakan dan rapi. Selain itu pemotongan dahan bisa mengatur pertumbuhan tanaman, bentuk daun, juga pertumbuhan bunga atau buah pada bonsai. Dahan yang tidak seimbang atau mengganggu penampilan bisa ditanggulangi sehingga penampilan bonsai lebih bagus.

Bayi bonsai (Istimewa optimum.id)

Selanjutnya, pemasangan kawat pada tanaman. Pemasangan kawat ini bertujuan untuk membentuk dahan ke arah yang diinginkan. Menyeimbangkan bentuk tanaman agar selaras. Pemasangan kawat bisa diatur sesuai keinginan dan sesuai bentuk pohon. Tahapan selanjutnya pemupukan juga penyiraman air diperlukan seperti pada tanaman-tanaman umumnya. Agar tanaman tidak kekurangan nutrisi dan air meskipun dalam wadah yang terbatas.

Wadah atau pot yang digunakan untuk bonsai bisa bervariasi tergantung keinginan si pembuat. Bisa disesuaikan juga dengan bentuk dan jenis pohon. Bahkan ada bonsai yang menggunakan bebatuan sebagai wadahnya.

Tipe Tanaman untuk Bonsai

Tanaman yang bisa dijadikan bonsai pada umumnya adalah semua jenis tanaman yang berkayu atau pohon. Di negara-negara 4 musim tanaman yang berganti daun saat pergantian musim juga bisa dijadikan sebagai bonsai, misalnya pohon maple yang berganti warna menjadi jingga saat musim gugur, atau pohon sakura yang bunganya bermekaran saat musim semi, dengan begini bonsai bisa menjadi lebih indah karena mengikuti perubahan musim yang berlaku. Jenis pohon lain yang bisa dijadikan sebagai bonsai adalah pohon buah-buahan dan bunga-bungaan. Bahkan jenis rerumputan atau lumut pun bisa dijadikan bonsai.

Adenium bonsai (Istimewa/optimum.id)

Di negara tropis seperti di Indonesia tanaman bonsai lebih beragam jenisnya. Pohon-pohon seperti beringin, pohon asam jawa, hingga pohon kelapa banyak yang membudidayakannya sebagai bonsai. Keanekaragaman pohon-pohon di Indonesia yang banyak menjadikan bonsai lebih bervariasi . Jenis tanaman bunga adenium juga turut masuk ke dalam daftar tanaman bonsai. 

Filsafat Bonsai

Bonsai merupakan bentuk seni keindahan alam. Penikmat bonsai bisa memperhatikan keindahan bonsai dari beragam bentuknya, rumitnya pembuatan, dan lamanya waktu pembuatan. Dalam bentuknya yang kerdil terkandung kesan alami, menenangkan jiwa penikmatnya, membuat manusia bisa merasakan indahnya tumbuh-tumbuhan yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Bonsai hadir sebagai bentuk apresiasi terhadap alam, sebagi bentuk pelestarian tumbuhan, dengan menghadirkan keindahan alami dan seni dalam bentuk yang kecil. Bisa dikatakan suatu hal yang kecil pun mempunyai makna yang berarti.

Penulis: Nurdina Lesya Yuniasti