Bayam Brazil: Sayuran Mudah Dibudidayakan dan Bergizi Tinggi

Sayuran bayam Brazil bisa dimakan mentah maupun dimasak. Bernutrisi dan bergizi tinggi, ekonomis, murah perawatan plus mudah ditanam pula…

Bayam Brazil punya nama ilmiah Altehernanthera sissoo,namun sebenarnya ia masuk ke dalam familia Amaranthaceae atau bayam bayaman. Ia tanaman yang tidak tidak bisa tinggi. ± 50 cm. Sebenarnya tinggi 20 cm saja sudah bisa dipanen. Tanaman ini bisa sebagai hiasan rumah sekaligus sumber nurisi keluarga.

Cara Bertanam Bayam Brazil

Tanaman ini mudah dikembangbiakkan cukup tancapkan batangnya saja dia akan cepat membuat akar. Bayam ini sangat mudah tumbuh, ia toleran pada semua kondisi pH (kondisi keasaman) tanah. Kalau lupa menyiram, dia toleran dengan semua kondisi minim air, namun kalau kebanyakan menyiram pun dia tetap oke. Mudah bukan!

Tanaman ini juga tidak rewel dan mudah dikembangbiakan.

Gambar 1. Bayam Brazil mempunyai batang pendek (istimewa/Theresia)

Bayam Brazil ini benar - benar tanaman yang berbakti. Dari stek ia sudah bisa mulai dipanen ujung daunnya. Setelah berusia 1 bulan. Jika sudah berakar kuat bisa dipanen pucuk daunnya 2 minggu sekali, atau dibiarkan tinggi yaitu 4 minggu, untuk mendapatkan daun yang lebih banyak plus batang untuk di stek lagi.

Kandungan-Kandungan Gizi Bayam Brazil

Bayam Brazil ini bisa di makan mentah maupun dimasak. Sangat ekonomis dikonsumsi dengan biaya pas-pasan,tapi tetap dapat nutrisi. Bayam Brazil dikenal sebagai sumber protein tinggi,hal ini cocok dengan masyarakat Indonesia yang menjadikan bayam sebagai sayuran favorit. Mengkonsumsinya tiap hari,bahkan dapat menjaga tubuh dari berbagai jenis penyakit berbahaya mulai dari stroke, gangguan otak hingga jantung.

A. Protein

Bayam Brazil mengandung protein yang tinggi seperti bayam pada umumnya, dengan kelebihan rasa yang tidak menganggu sama sekali. Anak- anak akan suka makan Bayam Brazil ini dibandingkan bayam biasa. Rasanya lebih enak dari bayam biasa. Mau dimakan mentah sebagai lalapan juga enak, rasanya yang kranci cocok buat lalapan bisa juga dimasak bening dan di tumis.

B. Vitamin dan Mineral

Bayam Brazil juga punya kandungan mineral,baik seperti Asam Folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan anti oksidan yang baik untuk kognitif anak, serta mencegah neuronal. Dalam 100 gram Bayam Brazil terkandung karoten 7-8 mg, vitaminC 60-120 mg, ferrum 4-9 mg, kalsium 300-450 mg. Mengkonsumsi bayam ini tiap hari dapat memenuhi gizi harian tubuh.

C. Senyawa Aktif Bermanfaat

Kandungan lain pada Bayam Brazil adalah beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa sehat. Selain itu mengkonsumsi bayam secara teratur juga mencegah peradangan dan iritasi mata.

Gambar 2. Bayam Brazil ditanamn di pot (istimewa/Theresia)

Kemudahan cara menanam dan merawat Bayam Brazil di tambah kandungan yang bergizi tinggi, menjadikan tanaman ini sebagai pilihan tanaman hias dan sumber nutrisi di rumah kita. Kondisi pandemi sekarang menuntut semua ibu untuk lebih kreatif memilih tanaman yang bermanfaat dan mudah dirawat.

Peran Bayam Brazil bagi Tubuh Kita

Tubuh Mnausia membutuhkan banyak nutrisi yang bervariasi. oleh karena itu dibutuhkan berbagai macam asupan setiap hari. Terlebih untuk mereka yang beraktivitas berat atau sedang dalam proses penyembuhan. Nutrisi tersebut akan memperbaiki sel-sel yang rusak. Tugas kita hanya mengkonsumsi dengan tepat, sehingga kesehatan terus terjaga.

Bayam Brazil mengandung  penting seperti:

1) Flavonoid,dapat mengurangi resiko kanker hingga 34% dan menghambat perkembangan sel kanker.

2) Magnesium,untuk pertumbuhan dan penguatan tulang,serta mencegah keretakan tulang.

3) vitamin A, berfungsi sebagai salah satu komponen sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi atau penyaki yang menyerang tubuh.

4) Dapat mencegah sembelit hingga 20%

5) Kandungan asam folat dapat melancarkan peredaran darah.

Gambar 3. Bayam Brazil di media polibag (istimewa/Theresia)

Gambar 3 menunjukkan Bayam Brazil yang layu, karena sedang ditanam ulang. Hal ini tidak masalah karena akan kembali segar setelah beberapa hari dengan pengawasan.

Berbagai cara berbeda dalam mengkonsumsi dapat dilakukan. Setiap negara mempunyai cara unik untuk menyajikan sehingga mengundang selera makan. Di negara Brazil asalnya,bayam ini sering dibuat salad dan cukup mudah membuatnya:

Sediakan:-1 cup Bayam Brazil 

                -1 cup tomat iris

                -1 bawang putih cincang

sedikit minyak zaitun,cuka,garam dan gula

Nah, melihat banyaknya kandungan Bayam Brazil, kemudahan budidaya, dan bisa dikosumsi dengan berbagai cara olahannya sudah selayaknya kita budidayakan Bayam Brazil ini. Selamat mencoba di rumah...

Kontributor: Theresia Warni Suharti (Ibu Rumah Tangga Pecinta Tanaman)

Editor: Luqi Khoiriyah