Selamat Hari Guru: Terima Kasihku pada Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Peningkatan kebutuhan jumlah guru terjadi karena terdapat guru pensiun setiap tahun, sedangkan tidak dibarengi dengan perekrutan CPNS..…

 

Peningkatan kebutuhan jumlah guru terjadi karena terdapat guru pensiun setiap tahun, sedangkan tidak dibarengi dengan perekrutan CPNS...
Kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa

Kita jadi tahu beraneka bidang ilmu dari siapa 

Kita jadi pintar dibimbing pak Guru

Kita bisa pandai dibimbing bu Guru

Guru bak pelita penerang dalam gulita

Jasamu tiada tara

Lagu yang populer di masa lalu tanpa diketahui penciptanya ini berjudul Jasamu Guru. Selanjutnya  diarasemen ulang oleh Musafir Isfanhari ini menggambarkan betapa guru menjadi sosok penting salah satu pembentuk karakter generasi Indonesia.

Guru-guru SD MUTU Jember Jawa Timur (dokumen pribadi)

Pendidikan menjadi salah satu pendorong untuk kemajuan bangsa. Guru merupakan bagian dari satuan pendidikan. Sebagai bagian yang penting maka memang sudah selayaknya guru mempunyai hari khusus untuk penghargaan bernama hari Guru yang diperingati setiap 25 November .

Sejarah Persatuan Guru

Cerita tentang guru tidak bisa dilepaskan dari berdirinya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejarah negara-negara di dunia saling terkait satu sama lain. Demikian pula ketika awal kemerdekaan Indonesia tahun 1945.

Ketika pengeboman pada perang Dunia II oleh sekutu terhadap kota Hiroshima 6 Agustus 1945 dan Nagasaki 9 Agustus 1945 di negara Jepang. Kemudian Jepang yang sedang menjajah Indonesia menyerah tanpa syarat karena dua kotanya dihancurkan oleh sekutu. Kondisi saat itu Indonesia dalam kondisi kekosongan kekuasaan (vacuum of power). 

Sekutu yang menjadi pemenang Perang Dunia II berusaha masuk ke Indonesia, karena merasa berhak atas negara bekas jajahan Jepang. Netherlands Indies Civil Administration (NICA) sebagai perwakilan negara Belanda berusaha memanfaatkan Sekutu untuk kembali menjajah Indonesia.

Saat itu di tahun 1945 negara baru bernama Indonesis meghadapi tiga kekuatan yaitu Jepang, Inggris atas nama Sekutu dan NICA atas nama Belanda. Selama situasi yang menegangkan tersebut dilangsungkan kongres bernama Kongres Pendidik Bangsa yang dilangsungkan tepat 100 hari setelah proklamasi. Kongres dilakukan di Surakarta Jawa Tengah di Sekolah Guru Puteri (SGP) yang dimotori oleh tokoh pendidik seperti Amin Singgih, Rh. Koesnan dan lainnya. Kongres selama dua hari 24-25 November 1945 akhirnya melahirkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 

Guru dan Peran Pendidikan

Guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007) adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. 

Masyarakat menempatkan guru pada kedudukan mulia, menjadi contoh teladan. Pendidikan yang dilakukan oleh guru akan mengarahkan murid pada pengembangan potensi dan pembentukan karakter. 

Guru mengajar secara daring selama pandemi Covid-19 (dokumen pribadi)

“...Teachers, more than anyone, are expected to build learning communities, create the knowledge society, and develop the capacities for innovation, flexibility and commitment to change that are essential to economic prosperity”( Hargreaves, 2003).

Jumlah guru menurut data Badan Pusat Statistik (BPS)  yaitu 2.893.407 pada tahun ajaran 2019/2020. Jumlah tersebut berada di semua jenjang pendidikan. 

Indonesia, kekurangan guru sebanyak 1.020.921 untuk tahun 2020 kemudian naik lagi pada tahun selanjutnya menjadi 1.090. 678. Peningkatan kebutuhan jumlah guru terjadi karena terdapat guru yang pensiun setiap tahun, sedangkan tidak dibarengi dengan perekrutan CPNS. Angka ini berdasar data dari Kemendikbud. 

Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005, Bab ll pasal 2 ayat 1, guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-perundangan.

Guruku

Guru merupakan salah satu orang hebat dalam hidup. Tak pernah mengeluh karena murid memang begini dan begitu. Guru, merupakan manusia sabar yang membimbing muridnya untuk mengasah kemampuan (skill) dan  bakat (talent). Marah demi mengarahkan murid adalah hal wajar untuk kemajuan murid-murid.

Terimakasih guruku SD MUTU Jember Jawa Timur antara lain: bu Danik, bu Yuvi, bu Wati, bu Hilda, pak Firdaus, bu Novita, bu Ruli semua yang tak bisa disebut satu per satu. Tak lupa untuk jenjang sebelumnya yaitu guru Taman Kanak-Kanak ABA lll Jember dan keluarga besar sekolahku tersayang.


Rasa bangga kepada para bapak ibu guru dan profesi guru digambarkan dalam banyak hal. Selain adanya hari Guru banyak lagu didedikasikan untuk menghargai jasa guru. Seperti lagu guruku tersayang yang diciptakan oleh Melly Goeslaw.

Terdapat pula lagu hymne guru yang diciptakan oleh Sriwidodo dan dipopulerkan oleh AT Mahmud. Selamat Hari Guru.

Hymne Guru

Karya: Sri widodo (dipopulerkan oleh AT Mahmud)

Am G

Terima kasihku ku ucapkan

F Am

pada guruku yang luhur

Dm Am

Ilmu yang berguna selalu dilimpahkan

F G Am

Untuk bekalku nanti

Am G

Setiap hariku dibimbingnya

F Am

Agar tumbuhkah bakatku

Dm Am

Kan ku ingat selalu nasihat guruku

F G Am

Terima kasihku ucapkan

Sumber

Rahadian, D. 2015. Peran dan Kedudukan Guru dalam Masyarakat. Jurnal Petik 1 (1): 26-37.

Hargreaves, Andy. 2003. Teaching in the Knowledge Society . Teachers Collages Press, Teacher Collage Columbia university New York and London.

Kosasih, A. 2016. Perjuangan Organisasi Guru di Masa Revolusi Sejarah PGRI di Awal Pendiriannya. Jurnal Sosio-E-Kons volume 8 nomor 2: 91-103.

Kontributor: Kimya Maymanah dan Luqi Khoiriyah | Editor: Luqi Khoiriyah